sumber :skripkidie.blogspot.com |
a. Philip Kotler
(Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut
Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan
managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain.
Namun
praktek pemasaran tidaklah berhenti sampai disitu, banyak hal yang masuk kedalam
konsep pemasaran. Karena perkembangan zaman yang akhirnya membuat para produsen
yang harus mengikuti keinginan dan kebutuhan para konsumen. Hal ini pula yang
menjadi cikal bakal permasalahan timbulnya pesaing pesaing baru dalam
menjalankan dunia bisnis. Bagi seorang wirausaha tentunya hal ini bukanlah
hambatan yang perlu dikhawatirkan, justru disinilah peran kreator –kreator untuk menciptakan hal yang baru sebagai salah
satu inovasi dengan menggunakan strategi pemasaran agar dapat menembus dunia
persaingan bisnis. Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas sedikit mengenai
strategi pemasaran agar dapat mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.
PERMASALAHAN
1.
Apa
definisi strategi ?
2.
Apa
definisi strategi pemasaran ?
3.
Apa
fungsi strategi pemasaran ?
4.
Faktor
apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran ?
5.
Bagaimana
menggunakan strategi pemasaran agar memuaskan konsumen ?
ANALISIS
PERMASALAHAN
Strategi berasal dari kata stratego yang
berarti jenderal. Strategi untuk sipil ada dua pilihan yaitu sukses atau gagal.
Definisi Strategi berdasarkanruang lingkupnya :
1.
Pengertian
Umum
Strategi adalah
proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka
panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar
tujuan tersebut dapat dicapai.
2.
Pengertian
khusus
Strategi
merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan
terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang
diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir
selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi.
Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen
memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari
kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.
Sedangkan menurut William F. Gluck
dan Lawrence R. Jauch, 1988 strategi adalah sebuah rencana yang disatukan, luas
dan terintegrasi yang menghubungkan keunggulan perusahaan dengan tantangan
lingkungan serta dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat
dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Maka dapat disimpulkan
bahwa strategi merupakan usaha untuk mencapai tujuan dengan melihat dan
memadukan lingkungan eksternal dan internal sehingga menghasilkan rencana,
keputusan dan tindakan yang tepat.
Strategi pemasaran
Strategi pemasaran bertujuan untuk
menentukan target dari pangsa pasar yang telah kita segmenkan dalam pemasaran
produk yang kita tawarkan. Hal tersebut dilakukan agar pemasaran produk yang
kita lakukan dapat lebih terorganisir agar membuahkan hasil sesuai ekspektasi
yang kita ramalkan sebelumnya. Karena terlalu banyak faktor – faktor internal
maupun eksternal yang akan mengganggu pemasaran didalam pengaplikasiannya nanti.
Fungsi strategi pemasaran
Strategi pemasaran yang ditetapkan
perusahaan yang ditetapkan dan dijalankan perusahaan memiliki beberapa fungsi
yaitu :
1.
Menetapkan
basis konsumen secara strategis , rasional, dan lengkap dengan informasinya
2.
Mengidentifikasi
kebutuhan yang sekarang dan yang akan datang dari konsumen dan calon konsumen
3.
Menciptakan
produk yang dapat memenuhi kebutuhan- kebutuhan konsumen dengan tepat dan
menguntungkan, serta mampu membedakan perusahaan dengan pesaing
4.
Mengkomunikasikan
dan mengantarkan produk tersebut ke pasar sasaran
5.
Memimpin
seluruh personel bidang pemasaran untuk menjadi sekumpulan tenaga kerja yang
disiplin, potensial, berpengalaman, dan berdedikasi kepada perusahaan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi
Pemasaran
a. lingkungan makro :
- Demografi dan kondisi ekonomi
- Situasi politik/hukum
- Teknologi
- Sosial budaya
b. lingkungan mikro :
- Perantara pemasaran
- Pemasok
- Pesaing
- Masyarakat
Strategi Pemuasan Pelanggan
Syarat yang harus dipenuhi oleh
suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai
tujuan dengan menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuannya
tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan memasarkan
barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen/pelanggan sehingga
dicapai tingkat kepuasan pelanggan yang dapat melebihi dari kepuasan yang
diberikan oleh pesaing. Dengan demikian kepuasan konsumen/pelanggan merupakan
ukuran keberhasilan strategi pemasaran perusahaan dalam memasarkan produknya.
Orientasi perusahaan dalam usaha untuk memuaskan konsumen/pelanggan dilakukan
dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Skema konsep kepuasan pelanggan
sebagaimana diilustrasikan dalam gambar berikut ini
Peringkat
Kepuasan Pelanggan
Persaingan
yang semakin ketat antar perusahaan yang terlibat dalam pemenuhan kepuasan
konsumen menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada pemenuhan
kepuasan pelanggan sebagai tujuan kegiatan pemasarannya. Hal ini tercermin dari
semakin banyaknya perusahaan yang meningkatkan komitmennya terhadap pemenuhan kepuasan
pelanggan, yang dinyatakan baik itu melalui iklan, maupun public relations
release. Tercapainya kepuasan pelanggan dapat memberikan manfaat, di antaranya
hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis. Hal ini
memberikan dasar yang baik bagi transaksi jualbeli sehingga tercipta loyalitas
pelanggan yang dapat membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang
menguntungkan perusahaan. Tujuan pemasaran suatu produk untuk memberikan
kepuasan kepada konsumen produk tersebut. Kepuasan dapat diukur dari:
a. Suara
Konsumen
Dari sudut ini
pengukuran kepuasan konsumen bersifat kualitatif dan subyektif. Kepuasan
konsumen diukur dari kritikan atau keluhan konsumen terhadap strategi atau kegiatan
pemasaran produk dari perusahaan. Keadaan ini akan menentukan tingkat
kooperatif/kerjasama konsumen. Makin kooperatif konsumen, berarti makin puas
konsumen terhadap strategi pemasaran produk perusahaan.
b. Laba/Keuntungan
Perusahaan
Dari sudut ini
pengukuran kepuasan konsumen bersifat kuantitatif dan obyektif. Kepuasan
konsumen diukur dari tingkat laba yang dicapai perusahaan. Makin tinggi tingkat
laba perusahaan, berarti makin puas konsumen terhadap strategi pemasaran produk
perusahaan.
ALTERNATIF
PEMECAHAN MASALAH
Penggunaan analisis SWOT dalam
menentukan strategi pemasaran
Analisis SWOT merupakan salaha satu
metode yang dapat digunakan oleh manajer sebuah perusahaan untuk merancang dan
menentukan strategi yang akan digunakan. Untuk penggunaan SWOT analisis
perusahaan harus menganalisis lingkungan perusahaan yang berupa lingkungan
internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal tentunya meliputi
Strength ( kekuatan ). Weakness ( kelemahan) sedangkan eksternal adalah
opportunity ( kesempatan ) dan treath ( ancaman ). Adapun jika disajikan
melalui diagram cartesius sebagai berikut
DUKUNGAN
TEORI
Teori strategi pemasaran :
Menurut Armstrong dan Kotler (2000:5),
marketing adalah “A societal process by which individuals and groups obtain
what they need and want through creating, offering and freely exchanging
products and services of value with others”. adalah "Sebuah
proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan, menawarkan dan bertukar
bebas produk dan
jasa nilai dengan orang lain".
Sedangkan pengertian Marketing strategy
menurut Armstrong dan Kotler (2000:37), yaitu “The marketing logic by which the
business unit hopes to achieve its marketing objective”. "Logika pemasaran dimana unit
bisnis berharap untuk mencapai
tujuan pemasaran".
Menurut Guiltinan dan Paul (1992),
definisi strategi pemasaran adalah pernyataan pokok tentang dampak yang
diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada target pasar yang ditentukan.
KESIMPULAN
Berdasarkan paparan
diatas maka dapat saya simpulkan bahwa strategi pemasaran sangat penting dalam
proses pertumbuhan usaha kita guna menghasilkan recana dan tindakan yang
terintegrasi dengan teoat untuk mengantisipasi segala resiko resiko yang akan
muncul pada pengaplikasiannya dilapangan.DAFTAR PUSTAKA ????