STRATEGI PEMASARAN (Aprilynda Nur Anisa)

Seperti yang kita tahu, aktifitas pemasaran memang tidak pernah terpisahkan dari hidup kita. Praktek pemasaran pun memang sudah ada sejak nenek moyang kita dulu. Namun seiring berjalannya waktu pemasaran pun semakin berkembang semakin pesat. Sepanjang waktu tersebut pula akhirnya pemasaran dijadikan ilmu agar dapat dikaji terus menerus. Menurut para Ahli terdahulu ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

sumber :skripkidie.blogspot.com

a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Namun praktek pemasaran tidaklah berhenti sampai disitu, banyak hal yang masuk kedalam konsep pemasaran. Karena perkembangan zaman yang akhirnya membuat para produsen yang harus mengikuti keinginan dan kebutuhan para konsumen. Hal ini pula yang menjadi cikal bakal permasalahan timbulnya pesaing pesaing baru dalam menjalankan dunia bisnis. Bagi seorang wirausaha tentunya hal ini bukanlah hambatan yang perlu dikhawatirkan, justru disinilah peran kreator –kreator  untuk menciptakan hal yang baru sebagai salah satu inovasi dengan menggunakan strategi pemasaran agar dapat menembus dunia persaingan bisnis. Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas sedikit mengenai strategi pemasaran agar dapat mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

PERMASALAHAN
1.      Apa definisi strategi ?
2.      Apa definisi strategi pemasaran ?
3.      Apa fungsi strategi pemasaran ?
4.      Faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran ?
5.      Bagaimana menggunakan strategi pemasaran agar memuaskan konsumen ?

ANALISIS PERMASALAHAN
            Strategi berasal dari kata stratego yang berarti jenderal. Strategi untuk sipil ada dua pilihan yaitu sukses atau gagal. Definisi Strategi berdasarkanruang lingkupnya :
1.      Pengertian Umum
Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
2.      Pengertian khusus
Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.
            Sedangkan menurut William F. Gluck dan Lawrence R. Jauch, 1988 strategi adalah sebuah rencana yang disatukan, luas dan terintegrasi yang menghubungkan keunggulan perusahaan dengan tantangan lingkungan serta dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan usaha untuk mencapai tujuan dengan melihat dan memadukan lingkungan eksternal dan internal sehingga menghasilkan rencana, keputusan dan tindakan yang tepat.
Strategi pemasaran
            Strategi pemasaran bertujuan untuk menentukan target dari pangsa pasar yang telah kita segmenkan dalam pemasaran produk yang kita tawarkan. Hal tersebut dilakukan agar pemasaran produk yang kita lakukan dapat lebih terorganisir agar membuahkan hasil sesuai ekspektasi yang kita ramalkan sebelumnya. Karena terlalu banyak faktor – faktor internal maupun eksternal yang akan mengganggu pemasaran didalam pengaplikasiannya nanti.
Fungsi strategi pemasaran
            Strategi pemasaran yang ditetapkan perusahaan yang ditetapkan dan dijalankan perusahaan memiliki beberapa fungsi yaitu :
1.      Menetapkan basis konsumen secara strategis , rasional, dan lengkap dengan informasinya
2.      Mengidentifikasi kebutuhan yang sekarang dan yang akan datang dari konsumen dan calon konsumen
3.      Menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan- kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan, serta mampu membedakan perusahaan dengan pesaing
4.      Mengkomunikasikan dan mengantarkan produk tersebut ke pasar sasaran
5.      Memimpin seluruh personel bidang pemasaran untuk menjadi sekumpulan tenaga kerja yang disiplin, potensial, berpengalaman, dan berdedikasi kepada perusahaan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran
          a. lingkungan makro :
              - Demografi dan kondisi ekonomi
              - Situasi politik/hukum
              - Teknologi
              - Sosial budaya
          b. lingkungan mikro :
              - Perantara pemasaran
              - Pemasok
              - Pesaing
              - Masyarakat
Strategi Pemuasan Pelanggan
            Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan dengan menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuannya tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan memasarkan barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen/pelanggan sehingga dicapai tingkat kepuasan pelanggan yang dapat melebihi dari kepuasan yang diberikan oleh pesaing. Dengan demikian kepuasan konsumen/pelanggan merupakan ukuran keberhasilan strategi pemasaran perusahaan dalam memasarkan produknya. Orientasi perusahaan dalam usaha untuk memuaskan konsumen/pelanggan dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Skema konsep kepuasan pelanggan sebagaimana diilustrasikan dalam gambar berikut ini

 








Peringkat Kepuasan Pelanggan
Persaingan yang semakin ketat antar perusahaan yang terlibat dalam pemenuhan kepuasan konsumen menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan sebagai tujuan kegiatan pemasarannya. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang meningkatkan komitmennya terhadap pemenuhan kepuasan pelanggan, yang dinyatakan baik itu melalui iklan, maupun public relations release. Tercapainya kepuasan pelanggan dapat memberikan manfaat, di antaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis. Hal ini memberikan dasar yang baik bagi transaksi jualbeli sehingga tercipta loyalitas pelanggan yang dapat membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan. Tujuan pemasaran suatu produk untuk memberikan kepuasan kepada konsumen produk tersebut. Kepuasan dapat diukur dari:
a. Suara Konsumen
Dari sudut ini pengukuran kepuasan konsumen bersifat kualitatif dan subyektif. Kepuasan konsumen diukur dari kritikan atau keluhan konsumen terhadap strategi atau kegiatan pemasaran produk dari perusahaan. Keadaan ini akan menentukan tingkat kooperatif/kerjasama konsumen. Makin kooperatif konsumen, berarti makin puas konsumen terhadap strategi pemasaran produk perusahaan.
b. Laba/Keuntungan Perusahaan
Dari sudut ini pengukuran kepuasan konsumen bersifat kuantitatif dan obyektif. Kepuasan konsumen diukur dari tingkat laba yang dicapai perusahaan. Makin tinggi tingkat laba perusahaan, berarti makin puas konsumen terhadap strategi pemasaran produk perusahaan.

ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
Penggunaan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran
            Analisis SWOT merupakan salaha satu metode yang dapat digunakan oleh manajer sebuah perusahaan untuk merancang dan menentukan strategi yang akan digunakan. Untuk penggunaan SWOT analisis perusahaan harus menganalisis lingkungan perusahaan yang berupa lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal tentunya meliputi Strength ( kekuatan ). Weakness ( kelemahan) sedangkan eksternal adalah opportunity ( kesempatan ) dan treath ( ancaman ). Adapun jika disajikan melalui diagram cartesius sebagai berikut







DUKUNGAN TEORI
Teori strategi pemasaran :
Menurut Armstrong dan Kotler (2000:5), marketing adalah “A societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and freely exchanging products and services of value with others”. adalah "Sebuah proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, menawarkan dan bertukar bebas produk dan jasa nilai dengan orang lain".
Sedangkan pengertian Marketing strategy menurut Armstrong dan Kotler (2000:37), yaitu “The marketing logic by which the business unit hopes to achieve its marketing objective”. "Logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk mencapai tujuan pemasaran".
Menurut Guiltinan dan Paul (1992), definisi strategi pemasaran adalah pernyataan pokok tentang dampak yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada target pasar yang ditentukan.

KESIMPULAN
Berdasarkan paparan diatas maka dapat saya simpulkan bahwa strategi pemasaran sangat penting dalam proses pertumbuhan usaha kita guna menghasilkan recana dan tindakan yang terintegrasi dengan teoat untuk mengantisipasi segala resiko resiko yang akan muncul pada pengaplikasiannya dilapangan.


DAFTAR PUSTAKA ????